Welcome to my blog

Rabu, 02 Februari 2011

8 Jenis Kecerdasan

Kita, sebagai orang tua, sebagian besar telah menempatkan banyak penekanan bahwa anak-anak kita harus unggul secara akademis. Kita ingin mereka untuk mendapatkan nilai tertinggi, masuk ke sekolah-sekolah yang terbaik, memenangkan beasiswa dan mendapatkan tempat di universitas paling bergengsi.
Hal ini dapat dimengerti karena kita, sebagai masyarakat yang telah dikondisikan untuk percaya bahwa keberhasilan akademis adalah kunci keberhasilan anak-anak kita dalam hidup.
Namun, sebagian besar dari kita pula telah menolak untuk mengakui pada fakta yang jelas bahwa yang paling sukses dalam masyarakat kita jarang sekali orang-orang yang mencetak nilai tertinggi di sekolah. Justru sebaliknya, kebanyakan mereka adalah rata-rata secara akademis. Bahkan, studi profesional telah berhasil menemukan bahwa sepertiga dari mereka telah diuji dan memiliki tingkat IQ rendah.
Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mengerti lebih dalam tentang pentingnya kecerdasan anak secara keseluruhan.

Dr. Howard Gardner telah menyimpulkan bahwa kecerdasan terbagi menjadi 8, dan dia menyebutnya “Eight Multiple Intelligences” yaitu:
verbal-linguistic, mathematical-logical, visual-spatial, musical-rhythmic, bodily-kinesthetic, interpersonal, intrapersonal dan naturalist intelligence.



Bakat Anda atau ‘multiple intelligences’ berbeda dari behaviour preference Anda. Karena menggambarkan apa yang Anda benar-benar tertarik, bukan bagaimana Anda dapat berperilaku, dan membantu Anda menentukan apa yang Anda benar-benar ingin keluar dari kehidupan pribadi dan karier Anda. Kami bahagia dan paling sukses ketika kita belajar, mengembangkan, dan bekerja saat kita menggunaan natural make-up (apa adanya). Sebagai indikator seperti 'multiple intelligences' membantu Anda untuk fokus pada jenis-jenis belajar dan pekerjaan yang akan paling memenuhi dan bermanfaat untuk Anda.
Dr Howard Gardner, psikolog dan profesor pendidikan di Sekolah Pascasarjana Pendidikan di Harvard University. Melalui penelitian yang intensif tentang 'sehari-hari' orang, ia mengembangkan teori kecerdasan multipel yang mengusulkan 9 kecerdasan yang berbeda (awalnya ia hanya didefinisikan 7, tetapi menambahkan lebih 2 setelah penelitian lebih lanjut).
Gardner menyatakan bahwa semua orang memiliki semua kecerdasan tetapi dalam jumlah yang bervariasi, sehingga setiap orang memiliki keunikan intelektual make-up. Kecerdasan ini terletak di berbagai wilayah otak dan bisa bekerja mandiri atau bersama-sama, dapat dipelihara dan diperkuat, atau diabaikan dan melemah.
Jadi apa saja 9 kecerdasan ganda? Mereka digambarkan di bawah ini. Ketika Anda membaca masing-masing, pikirkan tentang preferensi Anda sendiri, minat, keterampilan dan kemampuan dan melihat apakah ada kecerdasan tertentu (mungkin beberapa) yang berlaku untuk Anda.
Linguistic (Verbal) Intelligence
Yang dikembangkan dengan baik verbal keterampilan termasuk membaca, berbicara, menulis dan ekspresi diri. Tertarik dengan suara dan makna / irama kata-kata. Kemampuan untuk belajar bahasa baru dan retorika digunakan. Menyukai belajar keterampilan baru dengan membaca, mendengarkan dan menulis. Minat karir khas dan hobi termasuk penulis, editor, penyair, wartawan, guru, pengacara, politikus, aktor, komentator, dll.

Logical-Mathematical Intelligence
Kemampuan untuk berpikir secara konseptual, abstrak dan logis. Baik dengan angka, matematika mental, teka-teki logika, pola mengidentifikasi dan pengambilan keputusan, dan dapat menganalisa masalah secara logis. Menyukai belajar melalui angka dan logika. Minat karir khas dan hobi termasuk ilmuwan, insinyur, akuntan, ahli matematika, akuntan, ahli statistik, perdagangan orang, programmer komputer, ibu rumah tangga, dll.

Musical Intelligence
Melibatkan keterampilan dalam komposisi, kinerja, dan apresiasi terhadap musik. Kapasitas untuk mengenali pitch, nada dan irama. Suka bernyanyi, bermain alat musik, mendengarkan / menganalisa make-up musik, dan sensitif terhadap suasana musik. Menyukai belajar melalui musik, suara dan irama. Minat karir khas dan hobi termasuk musisi, DJ, penyanyi, komposer, guru musik, pembuat instrumen, paduan suara, konduktor, kritikus musik, kolektor musik, komposer, dll.
Spatial (Visual) Intelligence – Mind Map atau Concept Map adalah suatu keharusan
Kapasitas untuk berpikir dalam citra dan gambar. Bayangkan, menafsirkan dan grafis mewakili ide-ide visual atau spasial. Termasuk kemampuan dalam seni, imajinasi, kreativitas cipta, dan kecerdikan. Penggunaan warna, garis, bentuk bentuk, dan ruang. Menyukai belajar melalui gambar, bentuk dan gambar. Minat karir khas dan hobi termasuk pematung, artis, penemu, arsitek, mekanik, insinyur, ilustrator, fotografer, desainer interior, desainer pakaian, tukang bangunan, arsitek, kritikus seni, dll.
Bodily-Kinesthetic Intelligence
Kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh dan menggunakan tubuh dan alat untuk mengambil tindakan yang efektif. Termasuk olahraga, ketangkasan, tari, hiburan, athleticism, kekuatan dan keterampilan yang melibatkan penggunaan tangan Anda (seperti penyusunan, kerajinan, kayu, presisi kerja, dll). Menyukai belajar dengan pengalaman, sentuhan gerakan, dan rasakan. Minat karir khas dan hobi termasuk olahragawan, atlet, guru PE, penari, aktor, pemadam kebakaran, mekanik, pelatih, kontraktor, perajin, pelatih, tenaga penjual, analis olahraga, kritikus tari, pematung, koreografer, aktor, dll.

Interpersonal Intelligence
Kemampuan untuk memahami dan menghargai orang, termasuk komunikasi, empati, membantu dan bekerja secara efektif dengan orang lain, dll. Kemampuan untuk membangun hubungan dan menangani secara efektif dengan orang lain. Termasuk bakat seperti persuasi, menjual, pesona jaringan,, membuat orang lain merasa nyaman, mengelola tim, manajemen konflik, kerjasama, kerjasama, mendengarkan, karisma, dan kepemimpinan. Menyukai belajar melalui komunikasi, kontak manusia dan kerja sama tim.
Minat karir khas dan hobi termasuk konselor, tenaga penjual, politisi, pengusaha, menteri, manajer, pekerja sosial, dokter, perawat, terapis, guru, sosiolog, psikolog, psikoterapis, konsultan, dll.

Intrapersonal Intelligence
Kemampuan untuk menangani secara efektif dengan diri sendiri dan emosi Anda. Kemampuan seperti mengenal diri sendiri, mengenali kekuatan dan kelemahan, kepercayaan diri, pengendalian diri, beradaptasi dan fleksibilitas untuk mengubah, etos kerja, komitmen, inisiatif, ketekunan, empati, kesadaran politik, integritas, kejujuran, manajemen waktu dan keseluruhan karakter. Menyukai belajar melalui refleksi diri dan penemuan diri. Minat karir khas dan hobi termasuk peneliti, teori, filsuf, perencana, pemilik usaha kecil, psikolog, artis, ulama, dll.
Naturalist Intelligence
Kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengenali pola dan hubungan dalam ilmu alam. Mengakui hubungan diri sendiri dengan alam, menerapkan teori ilmu untuk hidup, mengenali dan mengklasifikasi tanaman, mineral, hewan, dll Likes belajar melalui alam bebas, binatang dan kunjungan lapangan.
Minat karir khas dan hobi termasuk ilmuwan, naturalis, arsitek lansekap, dokter hewan, guru biologi, botani, horticulturalist, ranger taman, lingkungan hidup, dll.

Existential Intelligence
Sensitivitas, rasa ingin tahu dan kapasitas untuk menangani pertanyaan-pertanyaan mendalam tentang keberadaan manusia seperti makna kehidupan, mengapa kita mati, dan bagaimana kita sampai di sini. Suka belajar dalam konteks dimana manusia berdiri di "gambaran besar" dari keberadaan. Minat karir khas dan hobi termasuk ilmuwan, filsuf, teolog, politisi, dll.



Sumber

2 komentar:

  1. mungkin saya matematika, viso spasial, dan interpersonal :)

    BalasHapus
  2. oceh... manteb.. aku bisa belajar matematika gratis nih... :D

    BalasHapus

Thank You For Visit to My Blog...
Have a nice day !!!